Sabtu, 26 Januari 2013

Asal usul Nama Desa Kenongomulyo

Desa Kenongomulyo adalah sebuah desa yang terletak di bagian timur kabupaten Magetan di Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Jawa Timur. Desa ini tepatnya sekitar 4 KM dari Polres Takeran.
Menurut warga sekitar desa ini sebelumnya bernama desa Cigrok, tetapi sekitar tahun 1960 an desa ini diganti dengan nama desa Kenongomulyo. Desa ini dinamakan desa Kenongomulyo karena dahulu hampir di setiap rumah warga terdapat pohon kenanga atau dalam bahasa jawa disebut dengan wit nongo.
Nama Kenongomulyo di ambil dari bahasa jawa yaitu kenongo yang artinya pohon kenanga dan mulyo yang berarti mulya atau sejahtera,karena dahulu warga desa kenongomulyo sebagian besarnya menjual bunga kenanga yang dimilikinya untuk dijual kepada pabrik penyulingan minyak kenanga.Oleh karena itu warga desa Kenongomulyo kebutuhan hidupnya dapat tercukupi dan sejahtera dengan mengandalkan hasil penjualan dari bunga kenanga yang mereka tanam.
Demikianlah asal usul nama desa kenongomulyo yang saya peroleh dari seorang sesepuh warga desa Kenongomulyo dan dari cerita-cerita yang berkembang di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar